13 Cara Memulai Usaha Kuliner Kekinian 2021

Selain itu sekarang ini pebisnis-pebisnis kuliner lokal pun sudah mulai bermunculan mengenalkan bisnis restoran cepat saji jagoannya dan konsumennya pun cukup banyak yang memilihnya. Salah satu strategi yang dapat menjaga stabilitas usaha kamu adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Salah satunya aplikasi Qasir, sistem point of gross sales pintar dan free of charge untuk semua jenis usaha kamu. Dengan Qasir, ide bisnis sederhana maupun gila mampu berjalan secara optimal.

Membuat bisnis restoran

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis ini adalah memiliki badan usaha. Jika sudah memiliki badan usaha, maka langkah selanjutnya adalah mengurus perizinan. Dalam bisnis apapun, pengurusan izin terkait dengan bisnis yang dijalani memang menawarkan banyak sekali manfaat. Keberhasilan menggeluti bisnis rumah makan sejak 2007 bukannya tanpa kendala. Tika menceritakan satu pengalaman pahit saat meretas bisnis ini.

“Terhitung sejak Maret sampai saat ini, kami sudah bertumbuh hingga 15 kali. Setiap orang pasti suka yang namanya makan-makan atau jajan di luar. Selain untuk mencari suasana baru, makan di kedai atau restoran dapat mengakrabkan diri dengan orang lain.

Dengan estimasi keuntungan bersih bisnis rumah makan bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan. Hal selanjutnya yang harus dilakukan jika ingin membuka bisnis restoran, adalah menentukan kalkulasi dana dan rencana usaha. Buatlah secara detail dana yang dibutuhkan baik untuk perlengkapan, bahan makanan, gaji karyawan, hingga hal-hal lainnya. Promosi dari mulut ke mulut memang paling tepat digunakan untuk memasarkan bisnis kuliner.

Kartu menu Anda pasti akan menjadi salah satu faktor bagi mereka untuk kembali ke restoran Anda. Koki yang Anda pekerjakan di restoran haruslah sesuai dengan konsep restoran dan tema masakan Anda. Manfaatkan saja media sosial seperti Twiter, Facebook, atau Instagram untuk promosi.

Selain dari hal tersebut, untuk mengukur prospek dari bisnis kuliner ini, Anda bisa memperhatikan kebiasaan para pengguna media sosial. Setiap ingin menyantap makanan, pasti menyempatkan berselfie ria dengan fokus utamanya adalah makanan mereka. Bisnis restoran berawal dari satu unit bisnis yang sukses meraih kepercayaan pasar. Faktor penyebab kesuksesan tersebut seperti resep masakan, atmosfir restoran, tata letak dan sebagainya, menjadi sebuah normal. Oleh karena itu, pemilik bisnis restoran akan merasa perlu untuk mempertahankan standard tersebut pada setiap cabang restoran. Dari titik awal ini bisnis restoran telah memiliki nilai pembeda di pasar yang harus dijaga oleh setiap cabang.