5 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membuka Bisnis Restoran

Anda pasti sadar, bisnis kuliner adalah sebuah bisnis yang amat dinamis. Hampir tiap hari Anda perlu membeli bahan baku, meracik produk yang dijual, menjajakannya, memastikan kualitas produk konsisten, mempromosikan produk, sampai melakukan rekap penjualan. Begitulah kira-kira ideas khusus yang diperlukan untuk merekrut pegawai. Pada titik ini, asumsinya Anda sudah bisa menjalankan bisnis kuliner dengan lancar.

Pajak restoran dipungut atas pelayanan yang disediakan oleh restoran kepada pengunjung atau pembeli. Untuk menghitung pajak restoran, cukup dengan mengalikan tarif pajak 10% dengan dasar pengenaan pajak. Meski begitu, anda juga harus bisa menjalin kerja sama dengan supplier dengan cara yang baik. Caranya adalah dengan membangun rasa saling percaya satu sama lain. Jangan sampai anda terlambat membayar bahan yang anda beli sehingga merekapun juga tidak akan pernah terlambat dalam melakukan pengiriman untuk pesanan anda. Peneliti dari Bernstein, Sara Senatore dan Alexia Howard, dengan kemampuan belanja yang besar, tren belanja milenial akan mempengaruhi permintaan di masa depan.

Membuat bisnis restoran

Bisnis jika hanya mengekor pada pattern dan kesenangan sesaat, sudah pasti akan segera berakhir dengan kerugian. Pentingnya menjalankan bisnis dengan menggunakan ardour yang dimiliki, tentu akan lebih bermakna pada bisnis dan tidak setengah hati dalam menjalankannya. Perbedaan lainnya berdasarkan PP tentang OSS disebutkan bahwa sertifikasi merupakan bagian dari pemenuhan komitmen izin komersial dan/atau izin operasional.

“Saya pribadi tidak tega melihat banyak child sitter yang tidak dikasih makan oleh boss-nya. Oleh karena itu, saya buatkan Baby Sitter menu dengan harga terjangkau dengan harapan agar mereka bisa makan di Shabu Hachi,” tulis Githa melalui Twitter. Shabu Hachi pun langsung menarik Maid Menu dari restoran mereka. Media sosial membuka gerbang komunikasi langsung dengan masyarakat luas dan bisa lebih efektif untuk menarik massa calon pelanggan potensial.

Dengan dana persiapan itu, Anda bisa membeli bahan makanan, membayar pegawai, dan biaya operasional kendaraan . Maka dengan perkiraan biaya bulanan Rp5 jutaan, Anda perlu menyiapkan dana operasional sekitar Rp30-60 jutaan. Dengan demikian setiap restoran cabang yang tentunya berkedudukan di lokasi berbeda-beda harus memiliki perizinan sendiri dan TDUP sendiri walaupun bernaung dibawah satu brand yang sama.

Prediksi modal dalam jangka panjang seperti ini dapat memudahkan Anda menentukan gambaran usaha restoran Anda. Dalam perencanaan bisnis, perhitungan seperti ini sudah pasti dilakukan oleh semua pengusaha. Membuat rencana bisnis untuk restoran Anda merupakan langkah yang paling penting untuk diterapkan.

Nah, dengan tersebarnya foto makanan restoranmu di media sosial, otomatis hal ini bisa membantu restoranmu menjadi lebih dikenal banyak orang. Nggak mau ‘kan, orang-orang mempunyai citra yang jelek terhadap restoranmu karena penyajian makanannya yang jelek? Jangan lupa untuk mempercantik menu restoranmu dengan menampilkan gambar makanannya juga ya. Dengan begitu, kamu akan membantu pelanggan agar bisa mengetahui bentuk makanan yang akan ia pesan.