Bikin Restoran Ramai Pengunjung, Inilah Tipsnya!!

Maka dari itu, mari beralih ke topik bahasan yang lebih seksi, yaitu marketing. Anda perlu lanjutkan dengan mencari keunikan produk (unique promoting factors / USP) yang ingin dijual. Sebab tanpa keunikan produk, bisnis kuliner Anda gampang kalah saing dengan kompetitor. Lewat keunikan produk pula lah, calon pelanggan tertarik untuk membeli dan mencoba produk Anda.

Semakin kreatif ide anda, semakin besar pula kesempatan untuk meraih kesuksesan. Tak hanya membuka usaha sendiri, anda juga bisa bekerjasama dengan merk dagang untuk menjual kembali produk tersebut, dan biasa dikenal dengan nama franchise. Keuntungan menggiurkan tersebut membuat banyak orang berbondong-bondong untuk berbisnis kuliner. Mulai dari skala kecil seperti warung pinggir jalan, hingga restoran besar.

Memiliki pemasok bahan baku tetap setiap harinya untuk memperlancar proses produksi. Diperlukan komitmen kuat sebelum atau sembari usaha dijalankan. Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang sedang naik daun dan sangat diminati oleh masyarakat. Berdasarkan knowledge dari Bank Indonesia, besaran kredit yang diberikan kepada UMKM angkanya selalu meningkat setiap tahun.

Ditemani foto-foto shut up pembuatan produknya, pengunjung web site dibuat merasa dekat dan spesial. Pakai web site untuk menampilkan berita terbaru dan data rilis produk. Berbekal website, Gulu Gulu berhasil menampilkan branding yang amat ciamik.

Perhatikan betul dengan detail dimana mereka berkumpul, kapan mereka sering berinteraksi dan gaya mereka berinteraksi. Buatlah prioritas anggaran dengan memilih mana anggaran yang sangat berdampak terhadap bisnis saat ini, mana yang harus dikurangi atau justru tidak berdampak untuk kegiatan bisnis. Tapi tak lupa juga untuk selalu menjaga kualitas produk Anda meskipun ada pengurangan biaya produksi. Saat uji coba menu makanan juga dapat meminta tolong pada beberapa orang untuk menilai apakah menu tersebut layak untuk dijual ataukah tidak. Dengan mengetahui menu yang disajikan, calon pembeli tidak akan ragu saat membeli.

Selain berperan dalam menunjang pada bisnis restoran yang dijalankan, kita juga dapat mengetahui jaringan distributor lainnya yang bisa untuk di ajak bekerja sama dalam lingkungan usaha. Selesai dengan akta pendirian, yang perlu diurus berikutnya adalah Surat Keterangan Domisili Perusahaan (“SKDP”). Untuk dapat mengurus SKDP biasanya disyaratkan adanya Izin Menggunakan Bangunan (“IMB”) untuk melihat peruntukkan bangunan yang akan dijadikan tempat usaha sekaligus zonasinya. Pastikan restoran Anda atau tempat yang akan dijadikan restoran berada di zonasi usaha. Anda bisa datang ke kelurahan setempat untuk memastikan apakah tempat tersebut berada di zonasi usaha.

Membuat bisnis restoran

Rasa adalah hal yang sangat penting dalam usaha makanan, sehingga harus dipikirkan sebagai prioritas utama. Jika memungkinkan, buat masakan yang tidak banyak warung menjualnya, atau masakan yang berbeda dengan kebanyakan warung di sekitar. Sebaiknya tentukan konsep yang akan digunakan sejak awal, misalnya apakah akan menggunakan prasmanan atau ambil sendiri, atau dilayani. Bisa juga konsepnya menggunakan meja dan kursi panjang seperti warung makan pada umumnya atau dengan konsep lesehan yang sederhana.

Dan jangan lupa untuk meninjau kembali rencana bisnis restoran Anda untuk memastikan restoran dekat dengan goal pasar Anda. Jika Anda membuka restoran / klub malam, mungkin bukan ide terbaik untuk membukanya di sekitar rumah-rumah pensiunan. Selain itu, pastikan sewa bulanan Anda sesuai dengan rencana laba proyek Anda sehingga Anda tidak menjadi miskin karena bangunan. Jika menjalankan bisnis rumah makan, saat cari karyawan terutama dibagian koki, pilihlah kandidat yang memiliki hobi memasak. Anda tentu tidak akan merekrut orang yang malas memasak atau bahkan tidak bisa memasak, karena justru akan menghambat bisnis Anda.

Dengan begini, Anda dapat mengumpulkan modal buka usaha restaurant waralaba yang mencapai 60 juta rupiah dalam waktu 60 bulan, alias 5 tahun. Satu lagi keuntungan utama dari model bisnis franchise yaitu nilai investasi yang lebih sedikit dibandingkan modal buka restaurant sendiri. Masukkan pula biaya pemasaran dan promosi, seperti iklan koran, baliho, atau brosur. Tidak ketinggalan untuk mempermudah proses transaksi Anda bisa menggunakan sistem POS . Jika gagasan memiliki restoran sendiri tampak menggugah hati, Anda perlu sangat berhati-hati menghitung modal buka restoran. Membuka restaurant sendiri bukan cuma rumit, namun juga bisa sangat menguras dompet.