Membuat Konsep Restoran

Tanpa adanya karyawan yang kompeten, bisnis kuliner Anda tidak akan bisa memberikan pelayanan terbaik. Banyak bisnis kuliner yang memberikan gaji karyawan terlalu tinggi demi mempertahankan mereka, namun jangan bergantung pada strategi ini. Lebih baik ciptakan suasana kerja yang mendukung sehingga para karyawan akan lebih produktif dan mendatangkan keuntungan bagi bisnis kuliner Anda.

Sambil memikirkan hal tersebut, mari kita lihat perkembangan usaha restoran sekarang ini. Ternyata telah banyak restoran maupun tempat makan lainnya yang memiliki konsep bervariasi. Apakah sudah tidak ada lagi kesempatan untuk membuka peluang usaha restoran?

Hal ini akan berbeda jika anda ingin membuka restoran yang excessive finish untuk kalangan menengah keatas. Nah ini pastinya bisa menjadi suatu keuntungan tersendiri untuk anda yang mempunyai cafe dengan desain unik atau makanan cantik dan enak yang instagrammable. MejaCafe.id sendiri menawarkan jasa konsultan bisnis restoran, yang bisa memberikan solusi tentang cara mudah untuk menjalankan bisnis café. Jika bisnis café yang pertama sudah berhasil maka selanjutnya bisa dibangun café selanjutnya sebagai cabang café pertama. Apalagi jika pelanggan yang berkunjung ke café adalah pelanggan yang setia. dan akan lebih baik jika dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas lain yang mendukung banyak kegiatan.

Namun tidak menutup kemungkinan adanya menu ukuran kecil dan sedang yang tersedia di restoran keluarga. Mendeskripsikan konsep restoran yang hendak dijalankan juga sangat penting. Hal ini bertujuan untuk membuat siapapun yang membaca benar-benar paham dengan ide yang ada.

Lokasi yang dipilih untuk restoran Anda sebaiknya berkaitan dengan goal pasar Anda. Bisa saja Anda masih belum menentukan lokasi mana yang tepat, tapi setidaknya Anda memiliki beberapa pilihan lokasi potensial yang bisa dengan mudah dijangkau oleh goal pasar. Terkait hal ini, Anda perlu menjelaskan tipe kepemilikan bisnis restoran, apakah milik sendiri atau gabungan.

Agar bisa dilanjutkan, restoran harus punya modal kerja di tahun ke-2. Asal modal kerja berasal dari laba tahun ke-1 yang Rp 500 juta tadi. Alkisah, Andi adalah seorang chef restoran ternama yang berpengalaman. Setelah ia hitung modal mendirikan dan operasional restoran di tahun pertama perlu Rp a hundred juta. Kita sama-sama tahu, jika seseorang menyukai makanan dari sebuah resto, maka orang tersebut sangat susah untuk berpindah ke resto lainnya.

Membuat bisnis restoran

Hal itu yang dilakukan Peter Then, Warga Negara Indonesia yang sukses memiliki restoran di Amerika Serikat. Modal merupakan aspek yang penting dalam memulai suatu bisnis, khususnya di dunia kuliner. Selain untuk keperluan memulai, modal tersebut juga untuk operasional sehari-hari restoran. Untuk lokasi, Anda usahakan memilih dekat tempat keramaian seperti di Mall Kelapa Gading atau MKG. Pasalnya, di dekat tempat perbelanjaan ini ada sejumlah ruko yang bisa Anda sewa untuk dijadikan restoran.

Jangan lupa memilih lokasi dengan akses yang mudah ke jalan raya agar calon konsumen Anda yang membawa kendaraan tidak kesulitan. Bisnis kuliner di period modern seperti saat ini cenderung lebih fleksibel dalam pemenuhan kebutuhan tempat usaha. Tidak selalu membutuhkan tempat yang menetap seperti harus menyewa ruko, menyewa tempat di pasar dan lainnya. Jika Anda misalnya fokus pada penjualan kue, Anda bisa memanfaatkan mobil untuk menjajakan produk Anda. Jika dibanding dengan bisnis yang lain seperti bisnis di bidang teknologi misalnya, bisnis kuliner di permulaan jauh lebih sedikit membutuhkan pegawai.

Kalau Anda adalah pengusaha kuliner yang memiliki menu menarik, enak dan otentik, Anda tidak perlu takut akan pernah kehilangan pelanggan. Saat Anda mendirikan restoran di luar daerah asal, maka tantangan yang Anda hadapi adalah mendapatkan rasa kuliner yang sesuai dan cocok dengan daerah asal. Kalau sudah begitu Anda harus rajin meminta masukan dari pelanggan untuk mendapatkan rasa yang otentik dan penyajian yang sama dengan daerah asal kuliner. Selain masukan pelanggan, Anda juga harus berani memadukan menu kuliner Anda dengan kreativitas yang Anda miliki. Bagi Hariyadi Sukamdani, Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia , kenaikan harga memang mendongkrak biaya operasional. Cuma, sebagai pelaku ekonomi kreatif, pengusaha kuliner juga mesti kreatif.